Manfaat Sampah Yang Dikelola Baik Oleh Bank Sampah Kelurahan Tegalharjo

 

Sistem Pembentukan Lembaga yang dibuat oleh Pemerintah Kota Surakarta nyatanya dimanfaatkan dengan baik oleh Kelurahan Tegalharjo. Lembaga Tersebut adalah Bank Sampah, notabene pembentukan yang di harapkan ada satu di satu Kelurahan justru malah membuat persaingan setiap RW di Kelurahan Tegalharjo. Sehingga terdapat 6 Lembaga Bank Sampah di Wilayah masing-masing RW dengan nama masing- masing di setiap RW nya.

Hal hal yang dilakukan oleh Bank Sampah Setiap RW juga memiliki Sistemnya masing-masing, seperti contoh ada RW yang menugaskan petugasnya untuk berkeliling untuk membeli Sampah yang ada di lingkungan RW nya. Adapun yang lain adalah dengan cara warga RW nya mengumpulkan terlebih dahulu Sampah yang bisa dijual dengan tujuan Masyarakat bisa mendapatkan hasil lebih banyak dari penjualan Sampah tersebut. Hal tersebut sangat mendukung dalam kemajuan perekonomian yang ada diwilayah.

 

Menurut salah satu Ketua RW, hal tersebut mampu membangkitan kreativitas dan keuletan dari Masyarakat untuk menjadikan Sampah sebagai sesuatu yang lebih bernilai dan memiliki daya tarik untuk dijual. Tak ayal timbul ide untuk membuat sesuatu menjadi bernilai tanpa harus mengeluarkan atau menambah sampah yang ada, justru menjadikan UMKM tumbuh dengan cukup baik diwilayah Kelurahan Tegalharjo

Harapan dari Pemerintah Kelurahan Tegalharjo adalah adanya wadah yang mampu menampung setiap kegiatan baik dari Masyarakat tersebut, sehingga Masyarakat juga tidak merasa apa yang dikerjakan tidak sia-sia untuk terus dilakukan. Jadi, yuk dukung bersama apa yang menjadi progress baik di Masyrakat untuk menjadikan angka kemiskinan turun dan Masyarakat bisa hidup dengan lebih baik.

Leave a Comment